Tata Cara Mengetik Bahan Presentasi Slide
TATA CARA MENGETIK BAHAN PRESENTASI SLIDE
1.Memformat presentasi
* Mengedit presentasi
slide dapat diubah sesuai dengan kebutuhan pre- sentasi. Caranya mudah, yaitu dengan menarik salah satu slide yang akan diedit. Anda tinggal menggeser dan letakkan pada bagian slide yang lain. Pada saat menggeser, perhatikan mouse akan berubah menjadi ikon slide atau garis bantu. Lebih jelasnya. Anda dapat memilih salah satu langkah berikut.
slide dapat diubah sesuai dengan kebutuhan pre- sentasi. Caranya mudah, yaitu dengan menarik salah satu slide yang akan diedit. Anda tinggal menggeser dan letakkan pada bagian slide yang lain. Pada saat menggeser, perhatikan mouse akan berubah menjadi ikon slide atau garis bantu. Lebih jelasnya. Anda dapat memilih salah satu langkah berikut.
a. Melalui Outline
Pilih salah satu slide yang akan diedit, digeser dan tempatkan ke lokasi baru dalam tampilan tab Outline.
b. Melalui Slide Sorter View
Prosedur untuk mengedit slide pada Sorter View adalah sebagai berikut.
Prosedur untuk mengedit slide pada Sorter View adalah sebagai berikut.
(1) Klik Slide Sorter View atau pilih menu View Slide Sorter.
(2) Pada tampilan Slide Sorter View, pilih salah satu slide atau lebih. Kemudian, geser dan
letakkan pada lokasi lain
dalam tampilan tersebut.
(3) Ganti kembali tampilan Slide Sorter ke tampilan Normal View atau pilih perintah View-Normal View. Klik Previous Slide untuk pindah ke slide sebelumnya dan tekan Next Slide untuk masuk ke slide selanjutnya.
(3) Ganti kembali tampilan Slide Sorter ke tampilan Normal View atau pilih perintah View-Normal View. Klik Previous Slide untuk pindah ke slide sebelumnya dan tekan Next Slide untuk masuk ke slide selanjutnya.
2. Memformat teks
Pada Slide Presentasi yang baik tidak hanya menampilkan potongan- potongan gambar atau objek. Presentasi yang diselingi variasi tampilan kata-kata juga disarankan. Tentunya, kata-kata yang tampil harus dikemas sedemikian rupa sehingga peserta presentasi tidak jenuh dan tidak kesulitan untuk memahami maksud kata-kata tersebut. Berikut akan dipelajari cara mengolah tampilan kata-kata agar menjadi menarik.
Pada Slide Presentasi yang baik tidak hanya menampilkan potongan- potongan gambar atau objek. Presentasi yang diselingi variasi tampilan kata-kata juga disarankan. Tentunya, kata-kata yang tampil harus dikemas sedemikian rupa sehingga peserta presentasi tidak jenuh dan tidak kesulitan untuk memahami maksud kata-kata tersebut. Berikut akan dipelajari cara mengolah tampilan kata-kata agar menjadi menarik.
Berikut langkah-langkahnya
(1) Pada tab insert group text, klik Text Box.
(2) Klik pada lokasi yang Anda inginkan sehingga muncul kotak teks yang menunjukkan teks sudah
siap diketik.
(3) Ketik teks pada kotak itu,misalnya "PowerPoint 2007"
(3) Ketik teks pada kotak itu,misalnya "PowerPoint 2007"
3. Menformat Tabel
Jika
Anda ingin menambahkan tabel ke presentasi PowerPoint Anda, Anda memiliki opsi.
Anda bisa membuat dan memformat tabel dalam PowerPoint, Salin dan menempelkan
tabel dari Word, menyalin dan menempelkan grup sel dari Excel, atau menyisipkan
lembar bentang Excel ke presentasi PowerPoint Anda.
1.Pilih slide yang ingin Anda tambahkan tabel.
2.Pada tab Sisipkan, pilih Tabel.
3.Di kotak dialog Sisipkan Tabel, lakukan salah satu hal berikut: Gunakan mouse memilih jumlah baris dan kolom yang Anda inginkan.
2.Pada tab Sisipkan, pilih Tabel.
3.Di kotak dialog Sisipkan Tabel, lakukan salah satu hal berikut: Gunakan mouse memilih jumlah baris dan kolom yang Anda inginkan.
4.PilihSisipkan Tabel, lalu masukkan angka di daftar Jumlah
kolom danJumlah baris.
CATATAN:
Jika Anda menggunakan PowerPoint Online, Anda hanya bisa menyisipkan tabel dengan menggunakan mouse untuk memilih jumlah baris dan kolom yang Anda inginkan.Untuk menambahkan teks ke sel tabel, klik sel, lalu masukkan teks Anda. Setelah Anda memasukkan teks Anda,Klik diluar tabel.
Jika Anda menggunakan PowerPoint Online, Anda hanya bisa menyisipkan tabel dengan menggunakan mouse untuk memilih jumlah baris dan kolom yang Anda inginkan.Untuk menambahkan teks ke sel tabel, klik sel, lalu masukkan teks Anda. Setelah Anda memasukkan teks Anda,Klik diluar tabel.
4. Memanfaatkan smart art
Grafik
SmartArt menyediakan representasi visual informasi sehingga Anda bisa lebih
efektif menyampaikan pesan Anda. Setiap grafik mewakili konsep atau ide yang
berbeda, seperti alur proses, hierarki organisasi, hubungan, dan seterusnya.
Lakukan salah satu hal berikut ini:
1.Menyisipkan grafik SmartArt dan menambahkan teks
2.Pada tab SmartArt, Sisipkan Grafik SmartArt, 3.klik tipe grafik SmartArt, lalu
3.klik salah satu tipe yang ingin Anda tambahkan.
4.Tab SmartArt, grup Sisipkan Grafik SmartArt
5.Di Panel Teks, ketik teks yang ingin Anda sertakan dalam grafik SmartArt Anda.
6.Bila sudah selesai, klik X untuk menutup Panel Teks.
2.Pada tab SmartArt, Sisipkan Grafik SmartArt, 3.klik tipe grafik SmartArt, lalu
3.klik salah satu tipe yang ingin Anda tambahkan.
4.Tab SmartArt, grup Sisipkan Grafik SmartArt
5.Di Panel Teks, ketik teks yang ingin Anda sertakan dalam grafik SmartArt Anda.
6.Bila sudah selesai, klik X untuk menutup Panel Teks.
TIPS: Anda bisa menambahkan teks secara langsung ke dalam
bentuk grafik SmartArt dengan mengklik [TEKS] dalam bentuk tersebut, lalu
mengetik teks yang Anda inginkan.
Jika Anda tidak bisa melihat panel teks
1.Klik grafik SmartArt.
2.Di sisi kiri grafik SmartArt,Klik panel teks.
5. Memformat transisi,animasi,Dan sound effects
- Memformat transisi
Transisi memberi Anda cara lain untuk mengontrol aliran presentasi Anda. Anda bisa mengatur kecepatan dan pengaturan waktu transisi untuk membantu mengontrol seberapa cepat slide kemajuan ke yang berikutnya, dan ketika transisi dimulai.
Mengatur kecepatan transisi
Gunakan durasi untuk mengatur kecepatan transisi. Durasi yang lebih
singkat berarti slide kemajuan lebih cepat, dan angka lebih besar membuat efek
masuk lebih lambat.
1.Pilih slide yang transisinya ingin Anda ubah.
2.Pada tab Transisi, di grup Pengaturan Waktu, di kotak Durasi, ketik jumlah detik yang ingin Anda
jalankan.
- Memformat animasi
Caranya
1. klik menu Animations,kemudian Anda terlihat berbagai macam animasi yang bisa Anda gunakan.
2. Untuk menghilangkan objek Anda bisa memilih efek Exit.
3. Sedangkan untuk membuat penekanan Anda bisa memilih efek Emphasis.
4. Pilihlah efek animasi Anda dengan tepat karena pilihan Anda akan berpengaruh pada kejelasan
1. klik menu Animations,kemudian Anda terlihat berbagai macam animasi yang bisa Anda gunakan.
2. Untuk menghilangkan objek Anda bisa memilih efek Exit.
3. Sedangkan untuk membuat penekanan Anda bisa memilih efek Emphasis.
4. Pilihlah efek animasi Anda dengan tepat karena pilihan Anda akan berpengaruh pada kejelasan
pesan yang Anda sampaikan.
- Memformat sounds effect
1.Pertama, buka lembar kerjaMs.Office Power Point yang ingin
diberi effect suara
2.Klik animation klik Menu Bar
3.Klik anak panah pada iconTransition Sounds yang terletak pada group Transition to This Slide
4.Pilih efek suara yang sudah default dari Ms.Office Power PointJika dirasa kurang sesuai dengan
2.Klik animation klik Menu Bar
3.Klik anak panah pada iconTransition Sounds yang terletak pada group Transition to This Slide
4.Pilih efek suara yang sudah default dari Ms.Office Power PointJika dirasa kurang sesuai dengan
keinginan, kita dapat menggunakan suara kita
sendiri,
5.pilih Other Soundmaka akan tampil jendela My Computer dan cari dimana letak suara yang ingin
5.pilih Other Soundmaka akan tampil jendela My Computer dan cari dimana letak suara yang ingin
digunakan
6.klik ok.
6.klik ok.
Komentar
Posting Komentar